Sebagain Blogger Indonesia sudah ada yang Kaya dengan Blog.. Bagaimana dengan Anda ..?? - Mohammad Khoirul Amin

Mohammad Khoirul Amin

BLOGGER POLRI SEARCH ENGINE OPTIMIZATION

HALO DUNIA NETWORK

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Sebagain Blogger Indonesia sudah ada yang Kaya dengan Blog.. Bagaimana dengan Anda ..??

Sebagain Blogger Indonesia sudah ada yang Kaya dengan Blog.. Bagaimana dengan Anda ..??

Share This


Dunia blogging bukan hal baru bagi siapa saja yang kerap berinternet. Kalau ia tidak mengenal apa itu blog, tetapi setidaknya ia pernah berkutat dari blog satu ke blog lainnya untuk mencari informasi. Sekarang ini aktivitas membuat blog telah menjadi mata pencaharian bagi sebagian orang baik anak muda, remaja, maupun mereka yang telah berumur untuk mendapatkan uang dari blog.
Beberapa blogger dari indonesia telah merasakan nikmatnya uang dari blog. Ada banyak cara yang dilakukan, mulai dari program afiliasi, menjadi publisher Google Adsense, refiewer produk atau jasa, Iklan mandiri dan lain-lain.
Pada kesempatan ini, saya menyempatkan menulis di kompasiana bukan ingin membahas bagaimana cara membuat blog, bagaimana cara mendapatkan uang dari blog, atau melakukan optimasi blog, SEO. dll. Jika butuh tutorial seperti itu silahkan mencarinya di google. Ada banyak topik yang menjelaskan semua itu.
Fenomena Blogging
Secara sederhana blog adalah tempat untuk menyimpan banyak data di internet baik berupa gambar, tulisan, video, maupun kumpulan ebook, dan sofware. Tempat atau ruang untuk menyimpan data ini di dapatkan secara gratis. Nanti pada perkembangannya data yang berupa informasi itu akan disebarluaskan ataukah tidak.? Jika tujuannya untuk penyimpanan pribadi baiknya di setting supaya tidak di lacak oleh mesin pencari. Jadi hanya kita yang dapat mengambil dan melihat data itu. 
Namun fenomena yang kian menyemarakkan blog di dunia adalah terdapatnya sumber penghasilan dari sana. Hingga kemudian banyak orang tertarik membuat blog, baik personal maupun memang untuk komersial, dan memang hal tersebut sangat sangat mampu di lakukan oleh blog, selain salah satu promosi yang paling jitu, juga dengan memiliki blog akan menambah nilai brand perusahaan atau seseorang.
Salah satu proses agar blog itu berkontribusi positif pemiliknya adalah ketika blog itu mampu menggaet pengunjung. Tanpa pengunjung blog itu tidak ada artinya. Di sinilah tantangan terbesar bagi seorang blogger bagaimana cara mendapatkan banyak kunjungan. 
Mendapatkan kunjungan ke blog dapat dilakukan beberapa cara, 
  •  Melalui sharing di media sosial, seperti facebook, twitter, google+, linkedin, tumblr, dan sebangsanya.
  •  Melalui Silaturahmi dengan blogger lain, dan memperkenalkan blog kita,
  •  Submit artikel di sosial bookmarking
  •  Melalui Kolom komentar di blog orang lain dengan meninggalkan jejak link.
  •  Melalui Iklan baik berbayar maupun gratis.
  •  Melalui Optimasi SEO
Yang paling merepotkan dan butuh kerja keras extra adalah poin terakhir yaitu optimasi SEO, karena di dalamnya banyak hal yang perlu dilakukan salah satunya adalah menyediakan konten yang informatif. Tanpa itu tidak ada alasan bagi orang untuk membuka blog. Nah untuk Mencari informasi yang paling banyak, hanya ada di internet atau lewat blog itu sendiri. Jadilah banyak kemudian blog yang memiliki niche sejenis. Karena proses pembuatannya hanya mengandalkan rewriter artikel lain. Dan ini masih bisa di terima, bagaimana kalau ada orang yang melakukannya dengan copy paste utuh, tentu akan melanggar hak cipta.
Lebih tragis lagi demi mendapatkan pengunjung, ada oknum blogger yang menyediakan konten informatif namun kebenarnya di pertanyakan. Ada yang sengaja membuat tulisan profokatif, mengandung SARA, Menjelekkan figur tertentu, bahkan ada yang mengupload video kekerasan, pornografi demi untuk mengisi konten blognya. 
Mereka tidak lagi memperhatikan dampak dari informasi negatif tersebut. Karena yang ada dalam semangatnya adalah membuat konten, mendapatkan kunjungan, dan mendapatkan uang dari sana. 
Contoh sederhana saya pernah mengikuti tutorial di Youtube tentang "cara mengatasi windows 7 yang sering not responding". Usuk punya usuk setelah berhasil saya ikuti, komputer saya tidak malah menjadi bagus namun komputer saya langsung blank layar menjadi gelap. Entah apakah saya yang salah mengikuti ataukah bagaimana ? tetapi langkah demi langkah saya terapkan dan sepertinya tidak ada yang beda dengan tutorialnya tersebut. Hal ini bukan terjadi sekali, pernah juga terjadi dengan Handphone yang aku miliki dengan masalah yang berbeda.
Kejadian yang baru-baru ini saat DEMO 411 beberapa situs yang di blokir Kementrian INFOKOM karena di duga menyebarkan isu tidak benar, membuat informasi yang mendukung satu golongan tertentu dan menghakimi golongan lain, artikel yang menghasut, dan mengandung SARA, 
Tentu semua ini dilakukan oleh oknum blogger, bukan mengikuti etika, tetapi demi menyajikan konten viral. Coba di bayangkan berapa banyak kira-kira orang yang berhasil di pengaruhi. Sedikit banyaknya ini akan membentuk prilaku para pembaca jika menganggap ini informasi yang benar. 
Demikian yang sempat saya tulis, bahwa menerima informasi di internet tidak serta merta harus di iyakan, tetapi masi perlu di cek kebenarannya. Mengapa ? karena banyak-konten-konten beredar yang tidak jelas. Hanya ingin memanfaatkan keadaan, hanya ingin mendapatkan uang dari blog

1 komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages