Ad Code

Responsive Advertisement

7 Cara Menjadi Hacker Komputer Sejati

Bicara soal hacker, mungkin kamu punya definisi hacker versi kamu sendiri. Garis besarnya, hacker berarti seseorang yang mempunyai keinginan untuk mengetahui secara mendalam mengenai kerja suatu sistem, komputer atau jaringan komputer. Mereka mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan. Lalu bagaimana cara menjadi hacker komputer sejati?
7 Cara Menjadi Hacker Komputer Sejati
Ada banyak hal yang harus kamu kuasai agar kamu bisa disebut atau menyebut diri sendiri sebagai hacker komputer sejati. Maka dari itu, berikut Jaka rangkum dari berbagai sumber, 7 cara menjadi hacker komputer sejati supaya kamu nggak cuma ngaku-ngaku hacker padahal nggak bisa apa-apa.

1. Mengusai Bahasa Pemrograman

Mengusai bahasa pemrograman
Di era digital ini, penting untuk belajar coding jika kamu ingin menjadi hacker ahli. Ada banyak sekali bahasa pemrograman komputer yang bisa dipelajari. Kamu bisa mulai dengan belajar bahasa pemrograman dasar seperti Basic atau Pascal, sekadar untuk melatih logika dan belajar algoritma.
Selanjutnya, kamu bisa belajar bahasa pemrograman paling populer di dunia, yang bisa kamu lihat di artikel berikut: 50 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia. Untuk memperoleh pengakuan sebagai seorang hacker, kamu harus mampu membuat program untuk exploit kelemahan suatu sistem.

2. Ketahui Hardware Komputer dan Spesifikasi

Ketahui hardware komputer & spesifikasi
Hardware atau perangkat keras adalah komponen fisik dari sebuah komputer dan media yang dapat menghubungkan antara komputer dengan media lain, atau bahkan dengan komputer lain. Setiap komputer tentunya memiliki spesifikasinya masing-masing. Meskipun bentuk dan hardware-nya sama namun serinya bisa berbeda. Seorang hacker, tentunya nggak cuma jago coding tapi juga paham tentang hacker dan spesifikasi sebuah komputer.

3. Harus Bisa Memperbaiki Komputer

Harus bisa memperbaiki komputer
Selain mengetahui hardware dan spesifikasi teknis sebuah komputer, hal yang lebih penting lagi adalah kamu harus belajar dasar-dasar memperbaiki komputer. Ketika seorang hacker komputernya rusak, tentu saja ia akan memperbaikinya dan merakitnya sendiri. Tidak perlu memanggil teknisi jika ada error seperti tidak terkoneksi dengan jaringan atau sekadar ada kerusakan kecil.
Selain itu, kamu juga harus paham soal driver yang dibutuhkan oleh sebuah komputer. Tentu ini akan sangat membantu ketika kamu ingin menginstal ulang sistem operasi. Karena biasanya ketika selesai proses instalasi, tidak semua hardware komputer berjalan dengan normal. Lebih baik lagi, kamu harus punya kumpulan softwareuntuk keperluan tersebut.

4. Belajar Berbagai Software

Belajar software
Setelah perangkat keras, berikutnya kamu juga harus paham dengan perangkat lunak. Software ini adalah sesuatu yang membuat komputer bisa berjalan, dan bentuknya bisa berupa sistem operasi, aplikasi, atau protocol.
Setiap hacker, tentunya memiliki beberapa hack tools untuk membantu aksi mereka. Hack tools untuk sistem operasi Windows dan Linux sudah banyak sekali beredar di dunia maya, beberapa hack tools tersebut memang didesain dengan tujuan khusus yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa membaca selengkapnya di sini: 10 software hacking tools gratis terbaik untuk Windows dan Linux yang bisa kamu coba dan pelajari.

5. Harus Bisa Mengetik 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard

bisa mengetik cepat
Kemampuan mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja kamu di depan komputer. Tak hanya itu, kamu juga harus paham tentang penggunaan shorcut atau kombinasi kode yang ada di komputer.
Orang biasa tentu akan menggunakan komputer dengan cara-cara standar, menggunakan mouse, lalu klik-klik saja. Sementara seorang hacker, tentu bisa lebih efisien dalam menggunakan komputer. Jadi, semua akan lebih capat dalam bekerja jika dibandingkan pengguna komputer biasa.

6. Belajar Menggunakan CMD

belajar menggunakan cmd
Mempelajari Command Line komputer (MS DOS Prompt/Command Prompt di Windows, Teminal atau Konsol di Linux) adalah hal yang sangat penting. Selain untuk meningkatkan efisiensi kerja kamu di komputer, CMD merupakan tools hacking yang sangat powerful bagi hacker.

7. Menggunakan Sistem Operasi Open Source

Menggunakan sistem operasi open source
Sebagaian besar hacker akan menggunakan sistem operasi Open Source seperti Linux karena gratis untuk digunakan. Selain itu juga memungkinkan mereka untuk melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan oleh seorang hacker, seperti membuat program, menjalankan server dan bekerja dengan Command Line Interface (CLI) untuk mengelola komputer dan server-nya.
Selain itu, kamu juga harus belajar menggunakan Firewall dengan baik agar komputer aman dari serangan orang lain yang mencoba untuk menguasai komputer dan mencuri data-data penting kamu. Hacker juga harus paham tentang virus dan cara mencegah serta mengatasinya.
Berikut demikian artikel tentang 7 cara menjadi hacker komputer sejati, dan tidak ada cara menjadi hacker dengan cepat. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal lainnya yang harus kamu kuasai jika ingin menjadi seorang hacker andal. Jangan sampai salah pengertian juga tentang hacker ya. Hacker yang benar hanyalah menerobos keamanan seseorang untuk menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan tanpa mencuri. Bagaimana, kamu siap menjadi seorang hacker?

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu