Ad Code

Responsive Advertisement

Bahaya Sampah Luar Angkasa Yang Tidak Kita Sadari



Pada Selasa (18/7/2017) masyarakat di Sungai Batang, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dikejutkan oleh jatuhnya benda asing dari langit.
Jarum jam menunjukkan pukul 09.30 pagi menjelang siang. Salah satu saksi, Sidik (30), mengaku kaget sebab bunyi lumayan keras. Ia dan beberapa warga lain segera mendatangi lokasi. 
Di sana mereka menemukan benda logam berbentuk bulat di jalan kelas C atau jalan kabupaten yang menghubungkan Maninjau dan Sungai Batang.
Lubang hitam yang menganga terlihat di titik kejatuhan. Tanah di sekitarnya terasa panas serta mengeluarkan asap. Kepolisian sektor Tanjungraya datang ke lokasi dan membawa benda asing itu ke markas komando setelah suhunya dibiarkan mendingin selama kurang lebih satu jam. Beruntung, tak ada bangunan yang hancur atau timbul korban jiwa.
Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi kemudian mengontak Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Agam. Diketahui benda logam berbentuk bulat dengan diameter 110 centimeter dengan berat sekitar 7,4 kilogram itu adalah sampah antariksa yang mengapung di orbit bumi. Namun karena suatu hal, hari itu ia jatuh ke tempat kejadian perkara.
Dalam prosedur lanjutan, kata Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Agam Syafrijon, benda itu akan diteliti di Pusat Sains Antariksa LAPAN Bandung, Jawa Barat. Tujuannya, katanya kepada Antara, adalah untuk mengetahui siapa pemiliknya. Ia menduga benda tersebut adalah bekas bagian untuk menyimpan bahan bakar roket.
Merujuk arsip sejumlah media massa, ada empat peristiwa lain terkait jatuhnya sampah antariksa di Indonesia.
Kejadian pertama terjadi di Gorontalo pada tahun 1981 yakni jatuhnya salah satu bagian motor roket Cosmos-3M/Space Launcher 8 (SL-8)/11K65M milik Rusia. Kedua, jatuhnya bagian roket Soyuz A-2 Space Launcher 4 di Bengkulu pada tahun 1988. Ketiga, jatuhnya pecahan roket CZ-3A milik Cina pada tahun 2003 di Lampung. Keempat, jatuhnya roket FALCON 9 R/B jatuh Madura pada 2016 lalu.

Jumlahnya Banyak, Efeknya Berbahaya

Sampah antariksa punya banyak istilah asing, antara lain “space debris,” “space junk,” “space waste,” “space trash,” atau “space litter.” Definisinya meliputi obyek buatan manusia yang tak lagi berfungsi dan melayang dibiarkan begitu saja di bagian atmosfer terluar. Bentuknya macam-macam. Mulai dari bekas satelit, bekas bagian roket, serpihan bekas tubrukan antar sampah antariksa, dan lain sebagainya.
Dalam diskusi Three Minuters of Darkness Over Indonesia di @America, Jakarta, Jumat (26/2/2016), Asisten Sekretaris Biro Pengendalian Senjata, Verifikasi, dan Kepatuhan Amerika Serikat Frank A. Rose menyebutkan bahwa sikat gigi bekas juga ada di antariksa. Kesemuanya berotasi mengelilingi bumi bersama satelit yang masih aktif hingga stasiun ruang angkasa.
Jumlah sampah luar angkasa berbeda-beda menurut temuan masing-masing lembaga. Versi yang ditangkap radar milik Pusat Gabungan Operasi Antariksa menyebut kini ada lebih dari 100.523.000 sampah antariksa. 23.000 di antaranya seukuran bola tenis atau lebih besar dari 10 cm, 500.000 lain berukuran lebih dari 5 cm, dan sisa 100.000.000-nya berukuran antara 1 mm-5 cm.
Sumbernya macam-macam. Contohnya terjadi pada 2007 saat Cina menguji coba satelit dan menghasilkan 3.000 fragmen berukuran di atas 10 cm yang diperkirakan akan ada di luar angkasa untuk selama ratusan tahun. Sementara pada 2009, lanjut Rose, kejadian signifikan terjadi di ruang hampa udara saat satelit Rusia, Iridium 33, hancur tertabrak sesama satelit Rusia lain, Cosmos 2251, yang sudah tidak aktif.
"Sampah antariksa ini jelas akan menjadi ancaman bagi sistem keantariksaan banyak negara, bahkan beberapa tahun terakhir ratusan kejadian di mana sampah antariksa hasil uji coba pada 2000 sudah semakin mendekati satelit-satelit mereka sendiri," ujar Rose sebagaimana dikutip dari Antara.
Satelit-satelit itu punya banyak fungsi, mulai dari sistem peringatan dini bencana, fasilitas navigasi untuk transportasi, akses global untuk keuangan atau perbankan, dan berbagai kegiatan penting lain di bumi. Hangatnya isu ini sejak satu dekade belakangan pun menimbulkan tanya: usaha penanggulangan seperti apa yang sedang kita jalankan?

Rencana Banyak, Realisasi Tak Jelas

Astrofisikawan Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), Donald Kessler, pernah berkata bahwa industri antariksa secara perlahan mengembangkan ide untuk membersihkan sampah antariksa, tapi sayangnya belum ada yang diuji secara serius apalagi sampai menunjukkan hasil nyata. Ia menegaskan bahwa ada tiga isu utama yang harus diselesaikan berkaitan dengan pembersihan sampah antariksa.
"Satu, bagaimana kita bisa mendapatkan sampah itu secara murah? Dua, bagaimana kami mengambil obyek yang berputar dan tidak dirancang untuk bisa diambil? Ketiga, apa yang akan dilakukan setelah kita mengambilnya?" ujar mantan kepala program penanganan sampah antariksa pertama di NASA itu kepada Xinhua.
Fakta lain yang juga menjadi pertimbangan adalah lambannya astrofisikawan dan ilmuwan membahas persoalan itu. Penyebabnya: tidak setiap tahun NASA bisa menggunakan dana dari pemerintah untuk melakukan penelitian dan melakukan pembersihan sampah antariksa. Program pembersihan orbit bumi pada akhirnya lebih banyak diserahkan pada perusahaan riset lain yang punya strategi sendiri-sendiri.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu